GAMBARAN KUNJUNGAN PASIEN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN BANJARBARU

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KUNJUNGAN PASIEN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN BANJARBARU

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI PROGRAM DIPLOMA TIGA TAHUN 2021

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

LISA IRLIANA GAMBARAN KUNJUNGAN PASIEN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN BANJARBARU Pembimbimg (I): Siti Sab’atul Habibah, SKM.M.Kes Pembimbing (II): H. Fahmi Said, S.Si.T. M.Pd xii + 44 halaman; 7 tabel; 1 gambar; 5 lampiran

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada tingginya masalah gigi dan mulut. Untuk menganalisis hubungan ketersediaan fasilitas pelayanan gigi dan mulut dengan kegiatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut (penambalan atau pencabutan gigi di puskesmas. Dampak Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap pengunjung yang hendak berobat ke layanan kesehatan, ada potensi penularan virus corona melalui udara aerosol dan droplet yang mengandung partikel virus sehingga dokter gigi dapat tertular dari pasien dan bisa menularkan kembali ke pasien yang lain sehingga banyak masyarakat berpikir jika mereka berobat/periksa ke rumah sakit akan di diagnosis positif COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kunjungan pasien 6 bulan sebelum dan 6 bulan selama pandemi Covid-19 di Poli Gigi Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu merupakan penelitian untuk melihat gambaran fenomena yang terjadi di dalam suatu populasi tertentu. Hasil pengumpulan data akan ditabulasikan dengan tabel sederhana. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah univariat yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan karateristik setiap variabel penelitian Hasil penelitian terlihat penurunan jumlah rata-rata pada kunjungan pasien yaitu pada 6 bulan sebelum pandemi sebanyak 258 dan 6 bulan selama pandemi sebanyak 75 dengan selisih rata-rata sebanyak 186. Dapat disimpulkan bahwa terlihat penurunan angka kunjungan pasien 6 bulan sebelum dan 6 bulan selama pandemi COVID-19 di Poli Gigi Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru. Jadi disarankan promosi kesehatan via online maupun offline seperti pamflet agar masyarakat mengerti bahwa tempat pelayanan kesehatan tidak sebahaya yang masyarakat pikirkan pada saat pandemi COVID-19.

Kata Kunci : Kunjungan pasien, Pandemi COVID-19.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI /018/KEP GIGI/21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail