HUBUNGAN PERILAKU JAJAN DENGAN KARIES GIGI PADA MURID KELAS IV,V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-RAUDLAH KOTA BANJARMASIN

Detail Cantuman

CD-ROM

HUBUNGAN PERILAKU JAJAN DENGAN KARIES GIGI PADA MURID KELAS IV,V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-RAUDLAH KOTA BANJARMASIN

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATANBANJARMASIN
PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2021

ABSTRAK
KARYA TULIS ILMIAH
MUHAMMAD HASANI, 2021
HUBUNGAN PERILAKU JAJAN DENGAN KARIES GIGI PADA MURID KELAS IV,V DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-RAUDLAH KOTA BANJARMASIN.
Pembimbing (I) : Siti Salamah, S.Si.T,M.Kes, Pembimbing (II) : Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes
Xii + 46 halaman; 9 tabel; 1 gambar; 10 lampiran

Karies gigi di Indonesia merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang masih perlu mendapat perhatian. Karies gigi dapat disebabkan oleh faktor distribusi penduduk, lingkungan, perilaku dan faktor pelayanan kesehatan gigi. Umumnya anak-anak memasuki usia sekolah mempunyai risiko karies yang tinggi, karena pada usia sekolah ini anak-anak biasanya suka jajan makanan dan minuman sesuai keinginannya.
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Perilaku Jajan dengan Karies gigi pada murid kelas I,V dan VI Madrasah Ibtidaiyah Alraudlah Kota Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan penelitian analitik. Populasi penelitian 56 orang. Di ambil 10 orang untuk studi pendehuluan jadi Jumlah sampel yang diambil 46 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.
Hasil penelitian menunjukan sebagian besar murid di MI Alraudlah Kota Banjarmasin memiliki perilaku jajan baik sebanyak 18 responden (39.1%) dan perilaku jajan kurang baik sebanyak 28 responden (60,9%) dengan Karies gigi (DMF-T = Decay Missing Filling Teeth) dalam kategori tinggi sebanyak 14 responden (30,4%). Berdasarkan hasil uji statistik chi-square didapatkan angka p = 0,037 dengan α = 0,05 sehingga p < α yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan ada Hubungan Perilaku Jajan dengan Karies gigi pada murid kelas IV,V dan VI Madrasah Ibtidaiyah Alraudlah Kota Banjarmasin. Disarankan ada kerjasama antara pihak Puskesmas dengan pihak sekolah untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi berupa pola jajan untuk terhindar dari karies

Kata Kunci : Perilaku jajan, Karies Gigi
Kepustakaan : 22 (1991-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
MUHAMMAD HASANI - Personal Name
Siti Salamah, S.Si.T,M.Kes - Personal Name
Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI//0021KEP .GIGI /21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail