HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN SAAT PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI PUSKESMAS GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU

Detail Cantuman

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN SAAT PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI PUSKESMAS GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU

XML

ABSTRAK
Skripsi
MAHZALINA
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN
MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN SAAT PANDEMI COVID-19 DI
POLI GIGI PUSKESMAS GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU
Pembimbing : (1) drg.Metty Aperawati, M.Kes, Pembimbing (2) Emilda Sari,
S.Si.T.,M.Kes
xiii + 60 halaman; 18 tabel; 2 gambar; 13 lampiran
Berdasarkan data tahunan Poli Gigi Puskesmas Guntung Manggis, jumlah
kunjungan pasien sebelum pandemi Covid-19 sebanyak 275 orang perbulan. Saat
pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan jumlah kunjungan pasien Poli Gigi
Puskesmas Guntung Manggis mengalami penurunan, rata-rata kunjungan pasien
saat pandemi covid-19 sebanyak 74 orang perbulannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan
kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien saat pandemi covid-19 di Poli
Gigi Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjarbaru. Rancangan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan
dengan membagikan kuesioner dan diambil dengan teknik Purposive Sampling
dengan jumlah responden 42 orang.
Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Guntung Manggis didapatkan
hasil pada dimensi bukti langsung, dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap,
dimensi jaminan, dimensi empati, dan kepuasan pasien menunjukan sebagian
besar baik. Hasil uji Chi Square pada Fisher’s Exact Test diperoleh ρ (0,005) < α
(0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien
saat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan petugas
kesehatan di Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjarbaru dapat
mempertahankan serta meningkatkan upaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut
yang berkualitas.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kepuasan,
Pandemi covid-19
Kepustakaan : 37 (1996-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
MAHZALINA - Personal Name
drg. Metty Amperawati, M.Kes - Personal Name
Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes, - Personal Name
H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
GIGI/SKP-011/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail