LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN TB PARU

Detail Cantuman

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN TB PARU

XML

ABSTRAK

KARYA TULIS ILMIAH
THERESIA JESSYCA
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN ANAK TB PARU.
(Evi Risa Mariana, Evy Marlinda)
xiii + 69 halaman : 8 tabel : 3 gambar : 3 lampiran


Tuberkulosis menjadi salah satu kasus terbesar di Indonesia dan mengalami peningkatan setiap tahunnya terhitung dari tahun 2018-2019 sebesar 351. 893 penderita. Adapun gejala umum meliputi batuk-batuk selama 3 minggu, dan sesak nafas. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah bersihan jalan nafas yang tidak efektif yang disebabkan oleh penumpukan secret, spasme pada jalan nafas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi Asuhan Keperawatan Anak TB Paru dengan masalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas berdasarkan Literature Review.
Metode penelitian dalam laporan tugas akhir ini adalah Literature review dengan pendekatan proses asuhan keperawatan. Strategi yang dipakai yaitu PICOT yang meliputi Population, intervention, comparation, outcome dan time yang disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi.
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil pengkajian, ditetapkan bahwa diagnosa utama pada masing-masing kasus adalah masalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas yang ditandai dengan adanya sesak nafas, suara nafas tambahan, dan retraksi dada.Hasil evaluasi pada kedua pasien sama, yaitu masalah dapat teratasi sepenuhnya pada hari ketiga.
Dapat disimpulkan bahwa setiap pasien TB Paru memiliki respon yang berbeda terhadap penyakitnya. Diharapkan perawatan lebih mampu melakukan asuhan keperawatan secara komprehensif serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam melakukan asuhan keperawatan pasien dengan TB Paru.




Kata kunci : Literature review, Tuberkulosis Paru, Asuhan keperawatan
Kepustakaan : (2014-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-041/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail