ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN RHEUMATOID ARTHRITIS DI WILAYAH KOTA BANJARBARU

Detail Cantuman

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN RHEUMATOID ARTHRITIS DI WILAYAH KOTA BANJARBARU

XML

ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir
NURLAILI
ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN RHEUMATOID ARTHRITIS DI WILAYAH KOTA BANJARBARU
Marwansyah dan Endang Sri Purwanti Ningsih
xvi +118 halaman ; + 9 tabel ; 2 gambar + 8 lampiran

Rheumatoid Arthritis menjadi salah satu masalah kesehatan dinegara berkembang, terjadinya peningkatan pada jumlah kasus Rheumatoid Arthritis (RA) didunia maupun di Indonesia. Rheumatoid Arthritis berdampak pada kualitas hidup penderitanya sehingga perlu dilakukan asuhan keperawatan yang komprehensif. Data kasus Rheumatoid Arthritis di RSD Idaman Banjarbaru terdapat 41 kasus pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini, untuk melakukan asuhan keperawatan pada pasien Rhuematoid Arthritis.
Penelitian ini berupa laporan asuhan keperawatan pada pasien dengan Rheumatoid Arthritis yang bersedia dilakukan asuhan dengan pendekatan meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi, evaluasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik, studi dokumentasi format pengkajian keperawatan.
Hasil pengkajian didapatkan diagnosa yaitu nyeri kronis berhubungan dengan agen injuri (biologis) dan hambatan mobilitas fisik berhubungan dengan nyeri, ketidaknyamanan dan kekakuan sendi. Dari kedua diagnosa, hanya satu yang dapat teratasi secara keseluruhan dan diagnosa satunya hanya teratasi sebagian. Pada diagnosa nyeri pasien masih merasakan adanya nyeri ringan saja dengan skala 1.
Diharapkan penelitian ini menjadi salah satu bahan edukasi & intervensi keperawatan yang dapat diterapkan di pelayanan kesehatan sebagai standar operasional dalam pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien Rheumatoid Arthritis.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Rheumatoid Arthritis
Kepustakaan : (2000 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-034/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail