LITERATUR REVIEW: ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN Pada IBU HAMIL DENGAN HIPERTENSI GANGGUAN RASA NYAMAN : NYERI (Syamsul Firdaus1 dan Hammad 2 )

Detail Cantuman

LITERATUR REVIEW: ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN Pada IBU HAMIL DENGAN HIPERTENSI GANGGUAN RASA NYAMAN : NYERI (Syamsul Firdaus1 dan Hammad 2 )

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ELMIRA YANUARTI
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DENGAN MASALAH NYERI DADA
(Syamsul Firdaus1, Hammad2)
xvii + 98 halaman ; 15 tabel ; 9 gambar ; 4 lampiran

Penyakit Jantung Koroner (PJK) masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia dan di Indonesia. Hal ini muncul karna setiap tahunnya terjadi peningkatan yang signifikan pada jumlah penderitanya. Manifestasi klinis yang sering muncul pada PJK yaitu nyeri dada. Penulisan penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi asuhan keperawatan pada pasien PJK dengan masalah nyeri dada agar dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap perawatan pasien.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review dengan strategi PICOT yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan. Penulis membandingkan 2 artikel dengan teori yang ada untuk melihat apakah terdapat kesenjangan pada proses asuhan keperawatan.
Hasil yang diperoleh yaitu adanya kesesuaian pada tanda dan gejala nyeri dengan teori dan dijumpai perbedaan pada karakteristik nyeri yang dirasakan pasien.
Kesimpulan yang didapat yakni ditemukannya persamaan pada diagnosa keperawatan utama yang ditegakkan pada kedua pasien yaitu nyeri akut berhubungan dengan agen cedera biologis (iskemia). Pada hasil evaluasi keperawatan, masalah teratasi ditandai dengan pasien 1 yang melaporkan nyeri dada hilang, skala 0 (0-10). Sedangkan pasien 2 masalah teratasi sebagian ditandai dengan pasien melaporkan adanya penurunan skala nyeri menjadi 3 (0-10) Diharapkan pasien dapat merubah pola hidup yang lebih sehat, rutin kontrol mengenai kesehatannya dan mematuhi program terapi guna mencegah timbulnya kekambuhan.

Kata kunci : Asuhan keperawatan, penyakit jantung koroner, nyeri dada
Kepustakaan : (2011-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Elmira Yanuarti - Personal Name
Dr. Syamsul Firdaus, S.Kp., M.Kes - Personal Name
Ns. Hammad, M.Kep - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-011/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail