HUBUNGAN PERSONAL HIGIENE DENGAN KEJADIAN SKABIES DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRA CINDAI ALUS MARTAPURA TAHUN 2021

Detail Cantuman

CD-ROM

HUBUNGAN PERSONAL HIGIENE DENGAN KEJADIAN SKABIES DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRA CINDAI ALUS MARTAPURA TAHUN 2021

XML

Penyakit menular berbasis lingkungan seringkali ditemukan di Pondok Pesantren karena adanya interaksi santri yang satu dengan santri lainnya, salah satunya adalah penyakit kulit seperti skabies. Berdasarkan data yang diperoleh dari Balai Pengobatan Pondok Darul Hijrah Putra, kasus penyakit skabies 2017 terdapat 67 kasus, 2018 terdapat 52 kasus, 2019 terdapat 17 kasus dan 2020 terdapat 23 kasus.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan personal higiene dengan kejadian skabies di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra tahun 2021. Jenis penelitian ini observasional analitik, desain atau pendekatan (case control study) perbandingan kasus dan kontrol 1:1 sampel kasus adalah seluruh santri penderita skabies yang berobat di Balai Pengobatan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra pada tahun 2020 yaitu sebanyak 23 santri. Analisis data menggunakan uji Chi-square.
Hasil analisis menggunakan uji Chi-square kebersihan kulit didapatkan p-value = 0,489 > nilai α = 0,05 tidak ada hubungan kebersihan kulit dengan kejadian skabies, kebersihan kuku dengan kejadian skabies didapatkan p-value = 0,109 > nilai α = 0,05 tidak ada hubungan kebersihan kuku dengan skabies, kebersihan rambut dengan kejadian skabies didapatkan p-value = 0,093 > nilai α = 0,05 tidak ada hubungan kebersihan rambut dengan kejadian skabies, kebersihan kulit dengan kejadian skabies didapatkan p-value = 1,000 > nilai α = 0,05 tidak ada hubungan kebersihan pakaian dengan kejadian skabies di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra.
Seluruh santri untuk menjaga (personal higiene) kebersihan secara menyeluruh baik kebersihan badan maupun pakaian, pondok pesantren dan instansi terkait agar bekerjasamana melakukan kegiatan promotif dan preventif sehingga angka kejadian penyakit skabies dapat menurun.


Detail Information

Item Type
Penulis
Aulia Ulhaq - Personal Name
Noraida, S.KM., M.Kes, - Personal Name
Imam Santoso, S.KM M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Penerbit : .,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
002/KTI-KL/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail