CD-ROM
Hubungan Karakteristik Ventilasi Alami dengan Suhu dan Kelembapan Ruang Kelas SMP Negeri di Kecamatan Bati – Bati
XMLProses pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dapat menghabiskan waktu yang cukup panjang di dalam ruangan kelas. Sekolah pada jenjang pendidikan dasar yang menghabiskan waktu lebih panjang adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan waktu kurang lebih selama 6 jam setiap hari. Ventilasi udara yang tidak bekerja dengan baik dapat mengakibatkan tidak terjadi pertukaran udara. Akibat dari tidak adanya sirkulasi udara dalam ruangan untuk pernapasan antara lain keluhan iritasi pada saluran pernapasan. Ventilasi dalam ruangan juga berfungsi untuk mengontrol suhu atau untuk menghilangkan kelembapan, bau, asap, panas, debu, dan bakteri yang ada di udara. Jangka waktu pembelajaran yang cukup panjang, tentunya menjadi perhatian terhadap kesehatan dan kenyamanan pengguna ruang kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik ventilasi alami dengan suhu dan kelembapan ruang kelas SMP Negeri di Kecamatan Bati-Bati. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional studies. Teknik sampling dengan metode sampling jenuh sebanyak 14 ruang kelas. Pengumpulan data dengan observasi dan pengukuran. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman-rho. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan secara signifikan karakteristik ventilasi alami dengan suhu dan kelembaban ruang kelas (p-value > α = 0,05). Diharapkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, agar memperhatikan faktor–faktor lain yang berhubungan terhadap suhu dan kelembapan pada ruang kelas.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MALINDA CAHYANI - Personal Name
H. Imam Santoso, S.KM., M.Kes - Personal Name Dr. H. Juanda, S.KM, M.Kes - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru., 2021 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
017/SKP-KL/2021
|
Copyright | |
Doi |