PERILAKU BUANG AIR BESAR (BAB) DI DESA X KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2021

Detail Cantuman

CD-ROM

PERILAKU BUANG AIR BESAR (BAB) DI DESA X KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2021

XML

KEMENENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI SANITASI
PROGRAM DIPLOMA III
KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2021
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
WANDA HAMIDAH
“PERILAKU BUANG AIR BESAR (BAB) DI DESA X KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2021”
(Dr. H. Juanda, S.KM, M.Kes.; H. Hardiono, S.KM, M.Kes)
xiv + 51 halaman + 13 tabel + 3 gambar + 13 lampiran
Kecamatan Daha Selatan memiliki 16 desa salah satunya Desa Tambangan yang masih Buang air Besar Sembarangan 787 KK. Pada tahun 2018-2019 desa tersebut mengalami penurunan paling rendah dari desa lainnya terhadap perubahan perilaku buang air besar sembarangan (BABS) menjadi tidak buang air besar sembaranga hanya 12%. Jadi yang masih buangair besar sembaranga yaitu 88%, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilakubuang air besar (BAB) di desa X Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, variabel yang diteliti yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap fasilitas BAB. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh KK di desa X dengan sampel penelitian yaitu 94 KKdidapat dari jumlah populasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan pada masyarakat di desa X untuk pengetahuan terhadap BAB didapat hasil sebagian besar memiliki kategori baik dengan peresentase (62,8 %), untuk sikap masyarakat terhadap BAB sebagian besar memiliki sikap positif dengan kategori mendukung dengan persentase (96,8%), dan untuk tindakan masyarakat terhadap fasilitas BAB dengan kategori OD/BABS di tempat terbuka didapat persentase yaitu (33,0 %)
Upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan arisan jamban bagi masyarakat yang belum memiliki jamban yang di bina oleh kade kesling yang ada di desa tersebut, dan juga bisa meminta dana bantuan kepada kepala.
Kata kunci : Perilaku BAB, Pengetahuan dan sikap
Kepustakaan : 18 (2001-2020)




THE MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC INDONESIA
HEALTH POLYTECHNIC BANJARMASIN
SANITATION STUDY PROGRAM
ASSOCIATE DEGREE PROGRAM
ENVIRONMENTAL HEALTH
YEAR OF 2021

ABSTRACT
Scientific Paper
WANDA HAMIDAH
“DEFECATION BEHAVIOR IN X VILLAGE HULU SUNGAI SELATAN DISTRICT YEAR OF 2021”
(Dr. H. Juanda, S.KM, M.Kes.; H. Hardiono, S.KM, M.Kes)
xiv + 51 pages + 13 tables + 3 pictures + 13 attachments

Daha Selatan Sub-district has 16 villages, one of them is Tambangan Village, which the residents are still defecating indiscriminately. There are 787 householders. In 2018-2019, compared to the other villages, Tambangan Village has experienced the lowest decrease of changes in indiscriminate defecation behavior, only 12% residents that are not defecating indiscriminately. Which means, there are 88% residents that are still defecating indiscriminately. The research aimed to find out the defecation behavior in X Village Hulu Sungai Selatan District.
The research is a descriptive research, the researched variables are knowledge, attitude and behavior towards defecation facility. The population is all the householders in X Village, the samples are 94 householders.
The research result shows that the knowledge of X Village residents is in good category in the amount of (62,8%), the attitude of X Village residents regarding defecation, most of them have a positive attitude with support category in the amount of (96,8%), the behavior of X Village towards defecation facility is in the category of indiscriminate defecation in open space with the percentage of 33%.
The effort that can be done is to hold a latrine arisan for the residents that are still not have latrines, the arisan will be developed by environmental health cadres in the village and they also can ask donations to the village head.

Key word : Defecation behavior, knowledge and attitude
Bibliography : 18 (2001-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
WANDA HAMIDAH - Personal Name
Dr. H. Juanda, S.KM, M.Kes - Personal Name
H. Hardiono, S.KM, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
040/KTI-KL/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail