Pengaruh Proporsi Tepung Terigu Dengan Tepung Sukun (Artocarpus Altilis Sp.) Terhadap Kadar Kalium, Kadar Natrium Dan Daya Terima Chiffon Cake.

Detail Cantuman

File (Flashdisk)

Pengaruh Proporsi Tepung Terigu Dengan Tepung Sukun (Artocarpus Altilis Sp.) Terhadap Kadar Kalium, Kadar Natrium Dan Daya Terima Chiffon Cake.

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV
GIZI
2019
ABSTRAK
SKRIPSI
SEKAR OKTAVIANA PRABANINGRUM
Pengaruh Proporsi Tepung Terigu Dengan Tepung Sukun (Artocarpus Altilis Sp.) Terhadap Kadar Kalium, Kadar Natrium Dan Daya Terima Chiffon Cake
xvi + 94 Halaman + 11 Tabel + 14 Gambar + 11 Lampiran
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh darah arteri yang mengangkut darah dari jantung dan memompa keseluruh jaringan dan organ–organ tubuh secara terus–menerus lebih dari suatu periode. Peningkatan asupan kalium menurunkan tekanan darah, dan efek kalium dalam menurunkan tekanan darah. Solusi alternatifnya adalah membuat produk yang menggandung tinggi kalium dengan memanfaatkan buah sukun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proporsi tepung terigu dengan tepung sukun (Artocarpus altilis) terhadap kadar kalium, kadar natrium, dan daya terima chiffon cake.
Desain penelitian ini yaitu True Eksperimental dengan rancangan acak lengkap menggunakan 4 perlakuan yaitu P0 dengan 100% tepung terigu sebagai kontrol, P1 dengan 50% tepung terigu : 50% tepung sukun, P2 dengan 40% tepung terigu : 60% tepung sukun, P3 dengan 30% tepung terigu : 70% tepung sukun. Uji daya terima chiffon cake dilakukan terhadap 25 mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Uji kadar kaliun dan kadar natrium dilalukan di Balai Riset dan Standarisasi Industri.
Hasil penelitian di dapatkan rata-rata kadar Kalium chiffon cake tertinggi terdapat pada perlakuan P3 yaitu 0,40% dan rata-rata kadar Natrium chiffon cake terendah terdapat pada perlakuan P2 dan P3 yaitu sebesar 0,05%. Berdasarkan uji daya terima terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa diketahui panelis lebih menyukai chiffon cake dengan perbandingan 50% tepung terigu dan 50% tepung sukun. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh proporsi tepung terigu dan tepung sukun terhadap kadar kalium, kadar natrum dan daya terima chiffon cake. Saran dalan penelitian ini adalah memodifikasi cara pembuatan tepung sukun dan chiffon cake untuk mengurangi aroma langu.
Kata Kunci : Kadar Kalium, Kadar Natrium, Daya Terima, Chiffon cake, Tepung
Sukun.

Kepustakaan : 48 (1981-2014)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
664.028/Pra/p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail