Perbedaan Aktivitas Antioksidan, Kadar Air Dan Daya Terima Minuman Serbuk Daun Katuk (Sauropus androgunus) Dalam Bentuk Seduh Dengan Bentuk Tablet Efervesen.

Detail Cantuman

File (Flashdisk)

Perbedaan Aktivitas Antioksidan, Kadar Air Dan Daya Terima Minuman Serbuk Daun Katuk (Sauropus androgunus) Dalam Bentuk Seduh Dengan Bentuk Tablet Efervesen.

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV
GIZI
2019

ABSTRAK
SKRIPSI
RIZKA ZALECHA RAHIM
Perbedaan Aktivitas Antioksidan, Kadar Air Dan Daya Terima Minuman Serbuk Daun Katuk (Sauropus androgunus) Dalam Bentuk Seduh Dengan Bentuk Tablet Efervesen

Daun Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat namun pemanfaatannya tidak optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh minuman Daun Katuk (Sauropus androgynus) serbuk yang diperoleh dari ekstrak kering dan tablet efervesen yang berbahan baku ekstrak kering Daun Katuk (Sauropus androgynus) dengan penambahan bahan asam dan karbonat serta pemanis yang digunakan dalam minuman kesehatan.
Minuman serbuk Daun Katuk (Sauropus androgynus) mengandung 14.32% aktivitas antioksidan dan tablet efervesen mengandung 15.9% aktivitas antioksidan. Kadar air minuman Daun Katuk (Sauropus androgynus) 9.2% dalam bentuk serbuk dan dalam bentuk tablet efervesen mengandung 4.2%. Uji menunjukkan perbedaan warna pada Minuman Daun Katuk (Sauropus androgynus) dalam bentuk serbuk yang lebih disukai. Aroma, rasa dan tekstur tablet efervesen lebih disukai panelis.
Berdasarkan hasil penelitian, Minuman Daun Katuk (Sauropus androgynus) terdapat perbedaan Aktivitas Antioksidan, Kadar Air, dan Daya Terima. Disarankan pada penelitian lanjutan agar meningkatkan atau menambahkan ekstrak lain yang mengandung sumber antioksidan untuk mendapatkan aktivitas anioksidan yang lebih besar.

Kata kunci : Sauropus androgynus, efervesen, serbuk daun katuk, aktivitas antioksidan, kadar air, daya terima


Detail Information

Item Type
Penulis
Rizka Zalecha Rahim - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
664.028/Rah/p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail