GAMBARAN KONSUMSI MAKANAN ASIN YANG DIAWETKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Puskesmas Barikin)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN KONSUMSI MAKANAN ASIN YANG DIAWETKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Puskesmas Barikin)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
NAILA HIDAYATI
GAMBARAN KONSUMSI MAKANAN ASIN YANG DIAWETKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Puskesmas Barikin).
(Magdalena, A. M.Kes)
viii + 76 halaman : 12 tabel : 2 gambar : 7 lampiran
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu keadaan ketika tekanan pada pembuluh darah meningkat secara terus menerus dan berlangsung lama. Dari data 10 penyakit terbanyak yang ada di wilayah kerja Puskesmas Barikin, pada tahu 2019 disebutkan bahwa hipertensi menempati urutan ke 2 dari 10 penyakit terbanyak, dan pada tahun 2020 disebutkan bahwa hipertensi menempati urutan pertama dari 10 penyakit terbanyak. Jenis makanan yang menyebabkan hipertensi yaitu makanan yang siap saji yang mengandung pengawet, kadar garam yang terlalu tinggi dalam makanan, kelebihan konsusmi lemak. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui gambaran konsumsi makanan asin yang diawetkan dan tingkat pengetahuan dengan kejadian hipertensi.
Jenis penenlitian yang digunakan adalah observasional deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah dewasa (18-45 tahun), lansia (46-70 tahun), dan lansia berisiko (>70 tahun) diwilayah kerja Puskesmas Barikin. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 76 orang menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi makanan asin dengan kategori sering sebanyak 57.9%. Hipertensi stadium 1 dan hipertensi stadium 2 sebanyak 50.0%. Rentang umur responden 46-70 sebanyak 60% dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 73,7%. Pendidikan dengan kategori rendah sebanyak 59.2%. Tingkat pengetahuan sebanyak 44.7%.
Hendaknya untuk peihak yang terkait untuk merencanakan sosialisai atau penyuluhan yang tepat dalam memberikan edukasi atau pengetahuan kepada responden terutama tentang makanan yang sebaiknya dibatasi oleh penderita hipertensi
Kata Kunci : Hipertensi, Makanan Asin, Pengetahuan
Kepustakaan : 67 (2009-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
NAILA HIDAYATI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail