GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HARUYAN (STUDI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HARUYAN (STUDI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
ASTRI FATIMAH
GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HARUYAN (STUDI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)
(Zulfiana Dewi, SKM., MP)
ix + 79 Halaman + 8 Tabel + 10 Gambar + 5 Lampiran
Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh memiliki jumlah sel darah merah (eritrosit) yang terlalu sedikit, yang mana sel darah merah itu mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Pada Puskesmas Haruyan tahun 2021 sekitar 48,94% mengalami anemia. Hal ini menunjukkan bahwa di Puskesmas Haruyan masih banyak angka kejadian anemia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran faktor-faktor penyebab anemia pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas haruyan.
Jenis penelitian ini adalah observasi deskriptif dengan pendekatan survey deskriptif. Populasi adalah seluruh ibu hamil anemia yang telah melakukan pengukuran hemoglobin dan tercatat di wilayah kerja Puskesmas Haruyan. Sampel berjumlah 47 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2022. Variabel yang diteliti tingkat pendidikan, pengetahuan, pendapatan keluarga, kepatuhan konsumsi tablet Fe, pola konsumsi zat pelancar (enhancer) penyerapan zat besi dan pola konsumsi zat penghambat (Inhibitor) penyerapan zat besi. Pengambilan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,22% pendidikan dasar, 54,35% pengetahuan kurang, 67,39% pendapatan keluarga rendah, 82,61% tidak patuh mengkonsumsi tablet Fe, 50% sering mengkonsumsi zat pelancar penyerapan zat besi (enhancer) dan 54,35% sering mengkonsumsi zat penghambat penyerapan zat besi (inhibitor). Disarankan ibu hamil untuk patuh dalam mengkonsumsi tablet Fe selama kehamilan, memperhatikan makanan selama hamil agar terhindar dari anemia dan untuk pihak puskesmas disarankan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan program kesehatan yang sudah ada seperti penyuluhan serta dapat melakukan pemeriksaan penyakit infeksi kepada ibu hamil.
Kata kunci : Anemia, pendidikan, pengetahuan, pendapatan keluarga,
kepatuhan Fe, Enhancer, inhibitor
Kepustakaan : 86 buah (2009 – 2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
ASTRI FATIMAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail