HUBUNGAN ASUPAN MAKAN, RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN WASTING PADA ANAK BALITA USIA 12-59 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Bilu Kota Banjarmasin)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN ASUPAN MAKAN, RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN WASTING PADA ANAK BALITA USIA 12-59 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Bilu Kota Banjarmasin)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
HELMALIA PUTRI
HUBUNGAN ASUPAN MAKAN, RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI, DAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN WASTING PADA ANAK BALITA USIA 12-59 BULAN (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BILU KOTA BANJARMASIN)
Ir.Hj. Ermina Syainah, MP
xviii + 104 halaman + 18 tabel + 2 gambar + 12 lampiran
Wasting pada anak balita merupakan indikator utama dalam menilai kualitas modal sumber daya manusia di masa yang akan datang. Puskesmas Sungai Bilu memiliki prevalensi wasting pada anak balita tertinggi di antara puskesmas lainnya di kota Banjarmasin yaitu sebanyak 17,08%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antar variabel dengan kejadian wasting pada anak balita usia 12-59 bulan di wilayah kerja puskesmas sungai bilu kota Banjarmasin Tahun 2022.
Metode penelitian ini menggunakan survei analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi adalah anak balita usia 12-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Sungai Bilu dengan sampel penelitian sebanyak 100 yang diambil dengan teknik non probability sampling .Variabel penelitian yaitu asupan makan, riwayat penyakit infeksi, tingkat pendapatan keluarga, dan kejadian wasting. Pengambilan data dengan cara pengisian kuesioner dan wawancara recall 1x24 jam. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan anak balita mengalami asupan energi dan protein kurang (47% dan 49%), anak balita yang mempunyai riwayat penyakit infeksi (49%) dan pendapatan rendah (64%) serta balita yang mengalami wasting (37%). Ada hubungan antara asupan energi, riwayat penyakit infeksi, dan tingkat pendapatan keluarga dengan kejadian wasting serta ada hubungan antara asupan protein dengan kejadian wasting. Diharapkan orang tua dapat lebih memperhatikan pemenuhan gizi anak balita. Memanfaatkan pengetahuan yang ada untuk dapat mengolah dan memilih makanan yang bergizi dan berkualitas baik serta menentukan jenis makanan dan jumlah makanan dan jadwal makan sesuai dengan kebutuhan anak seusianya. Agar anak balita hidup sehat.
Kata Kunci : Asupan Makan, Riwayat Penyakit Infeksi, Tingkat Pendapatan Keluarga, Kejadian Wasting
Kepustakaan : 42 buah (2006 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
HELMALIA PUTRI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
612.3
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail