LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI

Detail Cantuman

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI

XML

Karya Tulis Ilmiah
ASTRIANI NARULITA
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI
(Agustine Ramie1, Mahdalena2)
xvi + 90 halaman ; 10 tabel ; 0 gambar ; 4 lampiran

Masa kehamilan merupakan proses adaptasi bagi seorang ibu dimana dapat mengakibatkan berbagai perubahan baik pada fisik, mental, sosial budaya serta ekonomi sehingga dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi dan masalah-masalah kehamilan, contohnya saja mual dan muntah pada ibu. Jika frekuensinya terjadi secara berlebihan akan dapat menggangu pekerjaan sehari-hari dan keadaan umum ibu menjadi buruk sehingga kekurangan energi dan zat gizi yang dikenal dengan Hiperemesis Gravidarum. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengeksplorasi asuhan keperawatan pada ibu hamil hiperemesis gravidarum dengan masalah ketidakseimbangan nutrisi agar meningkatkan mutu pelayanan terhadap perawatan pasien.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review, yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang ditetapkan. Penulis membandingkan 2 artikel dengan teori yang ada untuk melihat apakah
terdapat kesenjangan pada proses asuhan keperawatan.
Hasil Literature Review pada Ny.H dan Ny.R, diagnosa berfokus pada ketidakseimbangan nutrisi. Setelah dilakukan tindakan keperawatan 3x24 jam hasil masalah ketidakseimbangan nutrisi teratasi pada kedua pasien dengan kriteria hasil adanya peningkatan berat badan sesuai dengan tujuan, berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan, mampu mengidentifikasi kebutuhan nutrisi, dan tidak ada penurunan berat badan yang signifikan.
Kesimpulan yang didapat dari kedua kasus yakni adanya kesesuaian pada tanda dan gejala ketidakseimbangan nutrisi dengan teori yang ada, dan baik pada pasien 1 dan 2 pada hasil evaluasi masalah ketidakseimbangan nutrisi keduanya pada hari rawatan ketiga telah teratasi.
Kata kunci :Asuhan keperawatan, Hiperemesis Gravidarum, Ketidakseimbangan Nutrisi
Kepustakaan : (2011-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-006/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail