ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE DI RUANG ANAK RSUD H. DAMANHURI BARABAI

Detail Cantuman

CD-ROM

ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE DI RUANG ANAK RSUD H. DAMANHURI BARABAI

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2022
ABSTRAK

Karya Tulis Ilmiah
RISKA AULIANI
ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE DI RUANG ANAK RSUD H. DAMANHURI BARABAI
Ainun Sajidah1, Zainab2
xiii + 61 halaman : 10 tabel : 9 lampiran


Penyakit diare hingga kini masih merupakan penyebab utama angka kesakitan dan kematian pada balita, sehingga memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Karena itulah sangat penting untuk mencegah terjadinya diare pada balita. Menurut WHO sekitar dua miliar kasus penyakit diare di seluruh dunia setiap tahunnya terjadi, dan 1,9 juta anak dibawah usia 5 tahun meninggal karena diare. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami secara mendalam mengenai asuhan keperawatan pada klien anak dengan diare.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Subjek asuhan keperawatan adalah klien anak dengan diare. Fokus asuhan keperawatan dalam penelitian ini meliputi tahap pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, implementasi dan evaluasi.

Setelah dilakukan studi kasus asuhan keperawatan maka hasil yang ditemukan diagnosa keperawatan yang dapat ditegakkan pada klien ialah hipovolemia b/d Kehilangan cairan aktif, hipertermi b/d proses infeksi, dan gangguan integritas kulit b/d Ekskresi/ BAB sering dan semua diagnosa berhasil teratasi pada hari ke 3 asuhan keperawatan.

Penyakit diare merupakan penyakit tertinggi pada anak yang dapat menyebabkan kematian, pada anak dengan diare harus diperhatikan personal hygiene anak, nutrisi, dan pola eliminasi yang terjadi pada anak. Diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan agar dapat menjadi tenaga kesehatan yang profesional.



Kata kunci : Diare, Asuhan Keperawatan

Kepustakaan : 2013 - 2021


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP/043/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail